What Is Fat?

Lemak adalah bagian yang penting dalam diet dan nutrisi kita. Tubuh kita memerlukan sedikit ‘lemak baik’ yang berfungsi untuk menangkal penyakit. Namun, di masa sekarang banyak orang mengkonsumsi lemak melebihi jumlah lemak yang dibutuhkan, dan sebagai besar lemak tersebut adalah ‘lemak jahat’ yang menaikkan tekanan darah dan kadar kolestor serta menyebabkan kegemukkan.

Sebenarnya tidak semua lemak itu ‘jahat’. Lemak itu baik! Seperti halnya protein, lemak sangat penting bagi kehidupan kita, seperti:

  1. Lemak merupakan sumber utama energi. 1 gram lemak mengandung 9 kalori, lebih banyak dari jumlah 1 gram protein ataupun karbohidrat dimana masing-masing mengandung 4 kalori per gram. Tubuh dapat menarik lemak ketika kita tidak menerima asupan makanan dengan mengubah lemak menjadi glukosa sehingga kita mendapatkan energi untuk aktivitas sehari-hari.
  2. Lemak melindung organ dalam vital dalam tubuh kita, tanpa lemak, organ dalam vital kita mudah mengalami kerusakan. Lebih jauh lagi, lemak dapat bertindak sebagai insulator, yaitu menolong kita untuk menjaga suhu tubuh tetap normal.
  3. Lemak memungkin tubuh kita untuk memproses vitamin A, D, E dan K, di mana seluruh lemak larut dan penting bagi kesehatan.
  4. Seperti Asam Amino, lemak mengandung asam lemak pokok atau essential fatty acid (EFA’s). EFA’s tersebut, seperti hal namanya, sangat penting bagi kesehatan dan memungkinnya untuk menjaga jantung dan sistem imun. Tubuh manusia tidak bisa menghasilkan sendiri EFA’s tersebut dan harus mendapatkannya dari konsumsi lemak. <5i>
  5. Beberapa asam lemak, seperti omega 3, mampu menyediakan manfaat kesehatan lainnya, seperti menyempurnakan proses kerja kongnitif pada otak.
  6. Lemak membuat makanan terasa lebih enak!

Walaupun begitu kita hanya membutuhkan sedikit kuantitas lemak baik untuk menjaga kesehatan. Karena terlalu mengkonsumsi banyak lemak, apalagi jenis lemak yang jahat dapat menimbulkan kerusakan pada kesehatan kita.